Talenta 56 | Inspirasi Tanpa Batas

Selasa, 01 Februari 2011

Cara Memberi Penghargaan pada Anak

A. Fatih Syuhud
Bagaimana Cara Memberikan Penghargaan (reward) atau apresiasi pada anak. Seri tulisan pendidikan Islam untuk anak muslim.

Anak adalah buah hati. Dambaan siapapun yang sedang mengarungi mahligai rumah tangga. Keberadaannya menciptakan nuansa baru kebahagiaan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Tidak ada satupun orang tua yang tidak menyayangi kehadirannya. Tak heran, mereka ingin selalu menyirami anaknya dengan limpahan kasih sayang yang sebesar-besarnya. Limpahan kasih sayang itu dapat berupa apa saja. Dari pujian, sampai berbagai macam hadiah.

Dalam situasi seperti ini, orang tua harus tetap bermawas diri dan terkontrol. Niat baik membahagiakan anak akan dapat berubah menjadi bencana—sekarang atau nanti—apabila ekpresi kasih sayang itu mencapai level yang dapat dianggap berlebihan dan tidak mendidik sehingga merusak mental anak.
Penghargaan, pujian dan ekspresi kasih sayang apapun hendaknya bertumpu pada satu tujuan: untuk membuat anak termotivasi berperilaku lebih baik. Untuk itu penghargaan hendaknya diberikan setelah anak melakukan sesuatu yang baik. Sehingga anak mencapai suatu pemikiran bahwa untuk mencapai segala sesuatu tidak ada yang gratis. Harus selalu diusahakan.
Dr. Bob Myers membagi bentuk tipe penghargaan dalam tiga kategori usia. Yaitu prasekolah, sekolah SD,  SLTP dan SLTA (masa remaja).

Perhatian: bentuk penghargaan di bawah hanya sekedar contoh. Orang tua yang paling tahu penghargaan apa yang terbaik, mendidik dan sekaligus menyenangkan anak.

Sumber: http://afatih.wordpress.com/