Talenta 56 | Inspirasi Tanpa Batas

Selasa, 22 Februari 2011

Takut Kerusuhan Libya, Minyak Melambung 108 Dolar

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Harga minyak mencapai 108 dolar Amerika Serikat pada Selasa, karena produksi Libya terpukul protes kekerasan dan meningkatnya kekhawatiran tentang penyebaran kerusuhan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang memproduksi minyak mentah strategis.

Dalam perdagangan pagi di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April naik menjadi 108,57 dolar AS per barel, mencapai level tertinggi sejak 4 September 2008, sebelum mundur kembali ke 107,75 dolar AS, naik 2,01 dolar AS dari level penutupan Senin.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk Maret, yang dikenal sebagai West Texas Intermediate, mencapai setinggi 94,49 dolar AS. Kontrak kemudian berada pada 94,08 dolar AS, naik 7,88 dolar AS dari Jumat. Pasar keuangan AS tutup pada Senin untuk hari libur umum. "Kerusuhan di Libya sangat mengkhawatirkan karena beberapa alasan, termasuk rezim penguasa yang menggunakan kekerasan ekstrim terhadap oposisi," kata analis Capital Economics Julian Jessop.

"Di atas ini, Libya adalah pengekspor minyak utama pertama yang harus ditelan oleh krisis dan yang pertama untuk melihat gangguan signifikan terhadap produksi minyak. Banyak industri minyak Libya adalah di lepas pantai dan akan relatif mudah untuk pasukan pemerintah untuk mengamankannya. Tapi satu ladang minyak utama sudah ditutup oleh aksi industri dalam mendukung protes dan lain-lainnya telah diancam."

Kepala HAM PBB pada Selasa mendesak untuk penyelidikan internasional atas kekerasan yang digunakan oleh pihak berwenang Libya untuk menekan protes, mengatakan bahwa pelanggaran "unconscionable" harus segera diakhiri. Namun, televisi Libya membantahnya sebagai "kebohongan" tuduhan bahwa keamanan membantai pasukan demonstran, setelah pemimpin Moamer Kadhafi yang diperangi berbicara kepada publik untuk pertama kalinya sejak pemberontakan dimulai.

Harga bereaksi terhadap kerusuhan yang melanda Timur Tengah dan tidak fundamental penawaran dan permintaan, menteri energi Uni Emirat Arab mengatakan di Riyadh. "Pasar bereaksi terhadap kekerasan di Timur Tengah ... dan tidak fundamental," kata Mohammad bin al-Hamli Dhaen kepada wartawan di sela-sela pertemuan produsen-konsumen di ibukota Saudi pada Selasa.

"Kami (OPEC) sedang mengawasi situasi dan siap untuk bertindak bila diperlukan," kata Hamli.
Hamli mengatakan OPEC prihatin tentang perkembangan di Libya "karena adalah anggota OPEC dan produsen minyak utama." Puncak harga minyak terbaru datang karena kemarahan internasional atas penindasan brutal aparat keamanan Libya.

Saksi di ibukota Libya Tripoli telah melaporkan "pembantaian" dalam lingkungan tertentu setelah saluran televisi negara mengumumkan pasukan keamanan menyerang "sarang teroris." "Kejadian di Libya telah berubah lebih kekerasan, dampaknya terhadap output negara mulai terpengaruh, karena produsen mulai menarik keluar staf karena masalah keamanan," kata analis Westhouse Securities, David Hart.

"Mengingat bahwa Libya adalah produsen minyak utama dan eksportir, ini memiliki dampak lebih signifikan pada harga minyak daripada kerusuhan sebelumnya." Grup Jerman Wintershall, sebuah unit kimia raksasa BASF mulai Senin menarik 130 staf dan keluarga mereka dari Libya, tanpa memberikan rincian kebangsaan para pengungsi. Wintershall mengoperasikan delapan ladang minyak dalam negeri dan mempekerjakan total 400 orang di sana, yang kebanyakan adalah warga Libya.( Red: Krisman Purwoko)
Sumber: http://www.republika.co.id/